Friday, April 16, 2021

Membuat Daftar Pustaka di Ms Word dengan Mendeley


Dalam meneliti dibutuhkan banyak referensi yang perlu dibaca 
Referensi biasanya kita simpan. 
File referensi banyak meta-data yang bisa menjadi informasi tambahan, seperti: nama penulis, tahun terbit, abstracts, ISSN dan data lain-nya. 

Mendeley adalah Aplikasi yang digunakan untuk mengatur daftar referensi sehingga memudahkan dalam penggunaannya.

Memasukkan Referensi ke dokumen
  1. Buka dokumen word yang ingin anda masukkan referensi. 
  2. Pada Microsoft Word, dibagian references, akan terlihat menu “Mendeley Cite-O-Matic”
  3. Pilih style yang ingin digunakan, misalnya IEEE
  4. Arahkan cursor mouse Anda ke bagian penulisan yang telah dipilih pada Microsoft Word. Lalu klik tombol “Insert Citation” dan cari nama artikel yang ingin direferensi. 
  5. Jika data yang ditampilkan sudah benar, klik “OK”
  6. Masukkan Kembali referensi lain di tempat yang diinginkan pada dokumen word anda.

Membuat Daftar Pustaka
  1. Arahkan cursor mouse ke tempat Anda ingin menaruh daftar pustaka.
  2. Pilih menu Reference Lalu klik “Insert Bibliography”. 
  3. Daftar Pustaka akan terbuat secara otomatis.
  4. Anda dapat memasukkan referensi-referensi lain-nya, dan list tersebut akan terupdate secara otomatis. Tetapi hanya artikel yang direferensi yang akan masuk ke dalam daftar pustaka (bukan semua artikel yang ada di Mendeley).

File lengkap bisa di download disini



0 comments:

Post a Comment